yufid.com

Minggu, 11 Desember 2011

TANDA / CIRI-CIRI HAJI MABRUR

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 06.09 No comments
Tanda / Ciri-ciri HAJI MABRUR

Masih terasa suasana kepulangan para Jama'ah haji. sambutan demi sambutan disertai dengan tangisan haru menyertai kepulangan mereka. Pakaian yang serba baru, penampilan yang serba baru menghiasi mereka seolah-olah menampakkan suatu kesan yang berbeda. Mulai sejak sebelum berangkat dan ketika di tanah suci Mekkah mereka mengharapkan do'a agar selamat di perjalanan dan mendapat haji yang mabrur bahkan sampai ditulis di depan rumah-rumah mereka dengan spanduk baliho dan semisalnya kata-kata yang sering kali kita baca "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI, DAN SEMOGA MENDAPATKAN HAJI YANG MABRUR".
Para keluarga yang ditinggalkan pun turut serta mengadakan acara-acara selamatan dengan membaca dan mengirimkan surat Yasin bagi keluarga yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah.
Yang menarik perhatian kita dalam hal ini dan yang menjadi bahan renungan kita khususnya para Jama'ah haji adalah apakah ciri-ciri haji yang mabrur atau haji yang maqbul (yang insya Alloh diterima oleh Alloh)....? dan apakah amalan-amalan di atas termasuk dari agama dan termasuk ciri-ciri haji yang mabrur...?

Berikut saya bawakan Fatwa dari seorang Ulama besar yaitu Syaikh Sholeh bin Fauzan al-Fauzan -semoga Alloh menjaga beliau- ketika beliau pernah ditanya tentang ciri-ciri haji yang mabrur/ maqbul;


  • "Yang termasuk ciri-ciri haji yang mabrur adalah hendaklah biaya haji tersebut diperoleh dari nafkah dan usaha yang halal.
  • Termasuk ciri-ciri haji yang mabrur adalah apabila seseorang itu diberikan petunjuk dalam menunaikan ibadah hajinya sesuai dengan tuntunan syari'at tanpa menguranginya.
  • Menjauhkan larangan-larangan Alloh ketika berhaji.

  • Pulang dalam keadaan agamanya lebih baik dari sebelumnya.
  • Pulang dengan selalu disertai taubat kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala.
  • Istiqomah dalam ketaatan."
[Diterjemahkan dengan ringkas oleh Abu Abdillah Riza dari Fatawa Sholeh al-Fauzan Fil Hajj 1/5]

Mudah-mudahan Alloh menerima ibadah haji kita. menjauhkan kita dari uang haram; dari hasil sogok menyogok, riba bank, menipu, dll.
Mudah-mudahan Alloh senantiasa menunjukkan kita di atas syari'at Islam yang murni yang pernah dicontohkan oleh Rasululloh Shallallohu'alaihi wa sallam dan para sahabat beliau sehingga ibadah haji kita dan ibadah-ibadah lainnya juga mabrur dan maqbul di sisi Alloh Ta'ala.
Mudah-mudahan Alloh Ta'ala menerima taubat kita dan memudahkan kita untuk senantiasa istiqomah di atas sunnah Rasululloh Shallallohu'alaihi wa sallam.
http//:hidayahsalaf.blogspot.com/


  




0 komentar:

Cari Artikel Hidayahsalaf