yufid.com

Sabtu, 14 Desember 2013

Aplikasi Islami Terbaik di Android

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 06.03 3 comments

Aplikasi Islami Terbaik di Android

MuslimPos- Bagi orang Islam, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan untuk amal dan beribadah. Seiring dengan kemajuan teknologi, ibadah tersebut pun dapat ditunjang secara langsung maupun tidak langsung dengan teknologi yang tersedia, seperti kumpulan aplikasi Android gratis di bawah ini contohnya. Ke semua aplikasi ini dibuat untuk menunjang kegiatan ibadah warga muslim dengan mudah dan sangat fleksibel.
Berikut ini daftar aplikasinya :
Al-Mishbah

Al-Mishbah adalah satu dari kumpulan aplikasi Android Islami yang sangat populer, khususnya bagi pengguna Android di Indonesia. Alasannya karena aplikasi ini menawarkan fitur Al-Quran serta 9 Kitab Hadist yang sangat lengkap.
Dengan aplikasi ini, para pengguna dapat membaca Al-Quran di mana saja dan kapan saja. Sedangkan fitur hadistnya mencakup 9 kitab hadist yang paling banyak digunakan saat ini, yakni Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan At-Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah, Sunan Ad-Darimi, Sunan Abu Dawud, Al-Muwaththa, Musnan Ahman, dan Sunan An-Nasa’i. Kesemua hadist yang ditawarkan Al-Mishbah tersebut ditampilkan dalam Bahasa Arab beserta terjemahan Bahasa Indonesia.
Tertarik mempelajari hadist melalui salah satu kumpulan aplikasi Android paling populer yang dikembangkan oleh anak bangsa bernama Muhammad Hakim A ini? Anda dapat mendownload aplikasi Al-Mishbah yang berukuran 3.3MB secara gratis melalui Google Play. Namun patut diingat bahwa perangkat Android Anda harus menjalankan sistem operasi minimal Android 1.6 atau yang lebih baru.
iQuran
Selain Al-Mishbah, aplikasi Al-Quran yang termasuk dalam kumpulan aplikasi Android paling populer adalah iQuran hasil besutan Guided Ways Technologies Ltd. Aplikasi ini menyediakan Al-Quran lengkap 30 Juz beserta terjemahannya dalam Bahasa Inggris.
Beberapa fitur utama yang ditawarkan adalah adanya audio playback, tajwid yang diberi warna, serta fitur lain yang membuat proses pembacaan maupun pembelajaran Al-Quran menjadi lebih mudah. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran file 13MB dan sistem minimum Android 1.6 atau yang lebih baru.
Find My Qiblah
Aplikasi Islami selanjutnya adalah aplikasi besutan pengembang HTT Labs yang bernama Find My Qiblah. Sesuai namanya, aplikasi yang sangat berguna ini memiliki fungsi utama menentukan arah kiblat dimanapun dan kapanpun pengguna akan melaksanakan sholat dan kebingungan menentukan arah kiblat.
Aplikasi yang termasuk dalam kumpulan aplikasi Android Islami terbaik karena kepraktisan dan kegunaannya yang sangat besar ini memanfaatkan koneksi internet pada perangkat Android untuk menentukan arah kiblat secara akurat. Disarankan untuk menjauhkan segala benda berbau magnet dari perangkat Android saat aplikasi ini digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Find My Qiblah dapat didownload melalui Google Play Store secara gratis. Aplikasi berukuran 326 KB ini membutuhkan perangkat Android dengan sistem operasi minimal Android 1.6 atau yang lebih baru.
Waktu Shalat
Waktu Shalat adalah aplikasi yang dibesut oleh pengembang Khad Mobile App ini memiliki fungsi utama untuk menampilkan informasi berupa waktu sholat setiap harinya.
Memanfaatkan GPS, lokasi pengguna berada akan terdeteksi oleh aplikasi Waktu Shalat ini, sehingga disaat waktu shalat didaerah tersebut sudah masuk, otomatis aplikasi ini akan melantunkan Adzan sebagai pertanda waktu shalat. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat digunakan secara offline serta baru mendukung waktu shalat di Indonesia saja.
Aplikasi buatan anak bangsa ini dapat didownload secara gratis di Google Play Store dengan ukuran file 1.6MB. Hampir semua perangkat Android yang beredar saat ini akan dapat menjalankan aplikasi Waktu Shalat karena sistem minimumnya adalah Android 1.6.
Radio Dakwah Islam
Radio Dakwah Islam hasil besutan ID Dev Android.  Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan layanan streaming radio yang memfokuskan diri pada dakwah Islami yang tersebar di seluruh Indonesia.
Meski membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, namun aplikasi ini dirasa sangat berguna khususnya untuk penggemar radio yang ingin mendengarkan dakwah Islam. Adapun stasiun radio yang didukung antara lain Radio Rodja (Bogor), Radio Muslim (Yogyakarta), Radio Nurussunnah (Semarang), Radio Suara Qur’an (Lombok), dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hadir dengan ukuran file 612KB, aplikasi gratis yang membutuhkan sistem operasi minimal Android 1.5 ini dapat didownload melalui Google Play Store.
[paseban/IMG]

3 komentar:

Abu Aisyah mengatakan...

Aplikasi al-Mishbah dicek lagi, saya mendapatkan, databasenya kok sama dengan database aplikasi hadits 9 imam Lidwa.com

Aplikasi Islami Android Terbaik Terlengkap mengatakan...

Informasi tentang aplikasi islami di android ini banyak yang mencari. Makasih banyak ya infonya bermanfaat

Abu Abdillah Riza Firmansyah mengatakan...

ya sama-sama semoga bermanfaat

Cari Artikel Hidayahsalaf