yufid.com

Jumat, 16 Desember 2011

KEZALIMAN ADALAH KEGELAPAN DAN PENYESALAN

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 17.16 No comments
KEZALIMAN ADALAH KEGELAPAN DAN PENYESALAN
 أبو عبد الله ريزا اللومبوكي
oleh Abu Abdillah Riza Al-Lumbuki
http://hidayahsalaf.blogspot.com/

 
إنَّ الْحمْد لِلهِ نحمده، ونسْتَعينُه، وَنستغفِره، ونعوذُ بِاللهِ مِنْ شُرورِ أَنْفسنا ومنْ سيّئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يهْده الله فلا مُضلَّ له، ومنْ يُضْللْ فَلا هاديَ لهُ، وأشهدُ أَنْ لا إلهَ إلا الله، وحْدَه لا شَريكَ لهُ، وأشْهدُ أَنَّ مُحمدًا عبدهُ ورسُولُه.
{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُون} (آل عمران:102).
{ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا } (النساء:1).
{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا* يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيما} (الأحزاب:70 -71).
أما بعد؛ فإنَّ خيرَ الحديثِ كتابُ اللهِ، وخيرَ الهدي هديُ محمدٍ ، وشرَّ الأمورِ مُحْدَثَاتُهَا، وكُلَّ محدثةٍ بدعةٌ، وكُلَّ بدعةٍ ضلالةٌ، وكُلَّ ضلالةٍ في النَّار.

Kaum muslimin Jama'ah jum'at rahimaniyaLLohu wa iyyakum….

Segala puji bagi Allah Ta'ala, shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallohu'alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabat yang setia mengikuti sunnah beliau.

Kaum muslimin Jama'ah jum'at rahimaniyaLLohu wa iyyakum….


Alloh Ta'ala seringkali menyebutkan tentang masalah akhirat, agar manusia itu ingat dan tidak lalai dan agar semakin bertambah mereka.
Maka seorang mukmin bergetarlah hatinya ketika disebutkan ayat-ayat Alloh Ta'ala, sebaliknya orang kafir, orang munafik, dan orang sombong tidak akan merasakannya.
Mereka hanya bisa hadir….akan tetapi tidak menghadirkan hati….mereka pasang telinga-telinga mereka akan tetapi ibarat seekor lalat yang hinggap dan di tepis begitu saja…
Saya tidak membawakan belasan ayat ….ataupun puluhan ayat…akan tetapi cukuplah sebuah ayat, dan semoga kita dapat mengamalkan dan bermuamalah dengan baik sebagaimana para sahabat mereka berakhlaq dan bermuamalah dengan baik terhadap ayat-ayat Alloh Ta'ala.

"كَانَ الرَّجُلُ مِنَّا إذَا تَعَلَّمَ عَشْرَ آيَاتٍ لَمْ يُجَاوِزْهُنَّ حَتَّى يَعْرِفَ مَعَانِيَهُنَّ وَالْعَمَلَ بِهِنَّ"
Dikeluarkan oleh Ibnu Jarir dari Masruq dan telah berkata Abdulloh bin Mas'ud Radhiyallohu'anhu:
"Adalah seorang dari kami, apabila mempelajari sepuluh ayat, dia tidaklah melampaui dan menambah lebih darinya sampai apabila dia telah memahami makna-maknanya dan beramal dengannya".

Kaum muslimin Jama'ah jum'at rahimaniyaLLohu wa iyyakum….

Dalam kesempatan khutbah kali ini saya selaku khatib, berpesan kepada diri saya pribadi dan jama'ah sekalian untuk melapangkan dada, mendengar sebuah ayat, memahami, dan mengamalkannya.
Alloh subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam surat Maryam:39

{وَأَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الْأَمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لا يُؤْمِنُونَ}
"Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman." (QS. Maryam: 39)

Abdurrahman bin Zaid bin Aslam berkata tentang firman Alloh:

وَأَنذِرۡهُمۡ يَوۡمَ ٱلۡحَسۡرَةِ
"Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan", (QS. Maryam: 39)

Dia berkata: Dialah hari kiamat dan beliau membaca firman Alloh Subhanahuwata’ala:

أَن تَقُولَ نَفۡسٌ۬ يَـٰحَسۡرَتَىٰ عَلَىٰ مَا فَرَّطتُ فِى جَنۢبِ ٱللَّهِ وَإِن كُنتُ لَمِنَ ٱلسَّـٰخِرِينَ
"Supaya jangan ada orang yang mengatakan: "Amat besar penyesalanku atas kelalaianku dalam (menunaikan kewajiban) terhadap Allah, sedang Aku Sesungguhnya termasuk orang-orang yang memperolok-olokkan (agama Allah )" (QS. Al-Zumar: 56)

Dan firman Alloh yang mengatakan: (إِذۡ قُضِىَ ٱلۡأَمۡرُ) yaitu setelah selesai perhitungan  dan penghuni surga menuju ke surga sementara penghuni neraka telah dimasukkan ke neraka.

Dan firman Alloh: (وَهُمۡ فِى غَفۡلَةٍ۬) artinya dan mereka dalam kelalaian. Maksudnya adalah mereka lalai dengan kelezatan dan syahwat duniawi hingga meninggalkan beramal untuk hari penyesalan. 
Dan Firman Alloh: (وَهُمۡ لَا يُؤۡمِنُونَ) aratinya: dan mereka tidak (pula) beriman. Maksudnya mereka tidak membenarkan adanya hari kabangkitan setelah kematian dan kenikmatan abadi yang diberikan oleh Alloh bagi mereka yang mentaati Alloh, serta adzab yang pedih bagi orang yang bermaksiat kepada Alloh.

أقول قولي هذا , وأستغفر الله لي ولكم ولسائر المسلمين , فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

[khutbah ke 2]

إنَّ الْحمْد لِلهِ نحمده، ونسْتَعينُه، وَنستغفِره، ونعوذُ بِاللهِ مِنْ شُرورِ أَنْفسنا ومنْ سيّئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يهْده الله فلا مُضلَّ له، ومنْ يُضْللْ فَلا هاديَ لهُ، وأشهدُ أَنْ لا إلهَ إلا الله، وحْدَه لا شَريكَ لهُ، وأشْهدُ أَنَّ مُحمدًا عبدهُ ورسُولُه.
Pada khutbah yang ke-2 ini saya akan memberikan dua kesimpulan dan semoga yang 2 ini kita dapat mentadabburkan dan mengamalkannya.

Pertama: Pada hari kerugian dan penyesalan tersebut orang-orang kafir menyesal dengan kekafirannya, orang yang zalim atas kezaliamannya, dan orang yang melalaikan ketaatan kepada Tuhannya atas kelalaiannya, namun penyesalan pada hari tersebut tidak berguna apapun. Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَوۡمَ لَا يَنفَعُ ٱلظَّـٰلِمِينَ مَعۡذِرَتُہُمۡۖ وَلَهُمُ ٱللَّعۡنَةُ وَلَهُمۡ سُوٓءُ ٱلدَّارِ
(yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah la'nat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.
(QS. Mu’min: 52)
Kaum Muslimin jama'ah jum'at yang berbahagia….
Perhatikanlah kezaliman adalah kegelapan pada hari kiamat dan penyesalan.                    

Nabi Muhammad 'alaihissholatu wassalam bersabda:
الظلم ظلمات يوم القيامة
"Kezaliman adalah kegelapan (yang berlipat) pada hari kiamat". HR. Bukhori dan Muslim
Zalim adalah lawan dari adil atau keadilan. Zalim yang berarti meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Rojab dan banyak Ulama'.
Maka waspadalah kita dari segala macam bentuk zalim, yang besar maupun yang kecil.
Adapun kezaliman yang paling besar adalah syirik yaitu menyekutukan atau membuat tandingan bersama Alloh dalam beribadah.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
{إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ}
"Sesungguhnya kesyirikan adalah kezaliman yang paling besar". QS. Luqman:13

Maka seorang muslim haruslah waspada dari berbagai macam bentuk kezaliman yang besar maupun yang kecil seperti; syirik, bid'ah, mencela orang, memakan harta tanpa hak, melukai dan menyakiti saudaranya, mendustakan dan menjauhkan orang yang teguh di atas sunnah sedangkan orang yang dusta dibenarkan.

Hadits shohih yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Tirmidzi, Al-Baihaqi. Nabi 'alaihissholatu wassalam bersabda:

« أَتَدْرُونَ مَنِ الْمُفْلِسُ ». قَالُوا : الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ فَقَالَ :« إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِى يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِى قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِى النَّارِ »

"Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut pada hari kiamat?' Para sahabat menjawab; 'orang bangkrut menurut kami adalah yang tidak memiliki uang perak dan emas dan juga harta', maka Rasululloh shallallohu'alaihi wa sallam bersabda: 'Orang yang bangkrut dari kalangan umatku (Islam) adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala sholat, puasa, dan zakat, akan tetapi dia mencela dan menuduh orang, memakan harta orang, menyucurkan darah orang, memukul orang. Maka diberikanlah pahala orang yang menzalimi kepada yang terzalimi, sehingga apabila telah habis pahalanya sebelum diputuskan perkaranya diambillah kejelekan-kejelakannya dan dicampakkan kepada yang zalim sehingga yang zalim itu dilempar ke neraka".

Kedua: Seharusnya bagi orang yang beriman untuk tidak tenggelam dalam kelalaian, akan tetapi hendaklah dia mempersiapkan dirinya untuk bertemu dengan Tuhannya. 
Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٌ۬ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ۬‌ۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS.Al-Hasyr: 18)

(إن الله وملائكته يصلون على النبي.. يا أيها الذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما).
اللهم صلي وسلم وبارك على عبدك ورسولك محمد النبي الصادق الأمين،
وعلى آل بيته الطيبين الطاهرين، وخلفائه الراشدين.
وسائر الصحابة أجمعين، ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
وعنا معهم بفضلك ورحمتك يا أرحم الراحمين.
اللهم أعز الإسلام والمسلمين، وأذل الشرك والمشركين،
وأجعل بلدنا هذا أمنا مطمئنا يأمر فيه بالمعروف، وينهى فيه عن المنكر.
اللهم أصلح أحوال المسلمين.
{قالا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ}
والحمد لله رب العالمين.
http://hidayahsalaf.blogspot.com/

0 komentar:

Cari Artikel Hidayahsalaf