yufid.com

Jumat, 04 Maret 2011

MAZHAB SYAFI'I KOREKSI ACARA KEMATIAN (arab & terjemahnya)

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 19.28 2 comments
KOREKSI MAZHAB SYAFI'I TENTANG ACARA MAKAN-MAKAN KEMATIAN


ويكره لأهل الميت الجلوس للتعزية وصنع طعام يجمعون الناس عليه لما روى أحمد عن جرير بن عبد الله البجلي قال كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة ويستحب لجيران أهل الميت ولو أجانب ومعارفهم وإن لم يكونوا جيرانا وأقاربه الأباعد وإن كانوا بغير بلد الميت أن يصنعوا لأهله طعاما يكفيهم يوما وليلة وأن يلحوا عليهم في الأكل
 ويحرم صنعه للنائحة لأنه إعانة على معصية

 نعم ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل الميت وصنع الطعام من البدع المنكرة التي يثاب على منعها والي الأمر ثبت الله به قواعد الدين وأيد به الإسلام والمسلمين
 قال العلامة أحمد بن حجر في ( تحفة المحتاج لشرح المنهاج ) ويسن لجيران أهله أي الميت تهيئة طعام يشبعهم يومهم وليلتهم للخبر الصحيح
 اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
الكتاب:  إعانة الطالبين حاشية على حل ألفاظ فتح المعين لشرح قرة العين بمهمات الدين  2\145
أبي بكر ابن السيد محمد شطا الدمياطي


( قال الشَّافِعِيُّ )
وَأُحِبُّ لِجِيرَانِ الْمَيِّتِ أو ذِي قَرَابَتِهِ أَنْ يَعْمَلُوا لِأَهْلِ الْمَيِّتِ في يَوْمِ يَمُوتُ وَلَيْلَتِهِ طَعَامًا يُشْبِعُهُمْ فإن ذلك سُنَّةٌ وَذِكْرٌ كَرِيمٌ وهو من فِعْلِ أَهْلِ الْخَيْرِ قَبْلَنَا وَبَعْدَنَا لِأَنَّهُ لَمَّا جاء نَعْيُ جَعْفَرٍ قال رسول اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم اجْعَلُوا لِآلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا فإنه قد جَاءَهُمْ أَمْرٌ يَشْغَلُهُمْ
الكتاب:  الأم   1\278
محمد بن إدريس الشافعي أبو عبد الله
سنة الولادة 150/ سنة الوفاة 204



باب التعزية والبكاء على الميت
ويستحب التعزية، قبل الدفن، وبعده إلى ثلاثة أيام، ويكره الجلوس لها. ويقول في تعزية المسلم بالمسلم: أعظم الله أجرك، وأحسن عزاءك، وغفر لميتك. وفي تعزية المسلم بالكافر أعظم الله أجرك، وأحسن عزاءكِ. وفي تعزية الكافر بالمسلم أحسن الله عزاءك وغفر لميتك. وفي تعزية الكافر بالكافر أخلف الله عليك، ولا نقص عددك.
ويجوز البكاء على الميت من غير ندب ولا نياحة. ويستحب لأقرباء الميت وجيرانه، أن يصلحوا طعاماً لأهل الميت.
الكتاب : التنبيه في الفقه الشافعي  1\41

واتفقت نصوص الشافعي في الأم والمختصر والأصحاب على أنه يستحب لأقرباء الميت وجيرانه أن يعملوا طعاما لأهل الميت ، ويكون بحيث يشبعهم في يومهم وليلتهم . قال الشافعي في المختصر : وأحب لقرابة الميت وجيرانه أن يعملوا لأهل الميت في يومهم وليلتهم طعاما يشبعهم ، فإنه سنة ، وفعل أهل الخير
الكتاب:  المجموع  5\282
النووي




Terjemahannya
Dan dibenci bagi keluarga mayit untuk duduk berta'ziah dan membuat makanan dimana orang-orang berkumpul padanya. Berdasarkan riwayat Ahmad dari Jarir bin Abdulloh al-Bajali berkata:
"Kami menganggap bahwa berkumpul bersama keluarga mayit dan (keluarga mayit) membuatkan makanan bagi mereka (para penta'ziah) setelah penguburan termasuk dari meratap (yang dilarang-pent)"
Dianjurkan bagi tetangga keluarga mayit dan orang-orang yang dekat walaupun bukan dari tetangganya dan kerabat jauh walaupun berbeda negeri untuk membuatkan makanan kepada keluarga mayit selama sehari semalam.
Dan diharamkan bagi keluarga mayit membuat makanan bagi orang yang meratap karena hal itu dapat membantu dalam perbuatan maksiat.

Ya, apa-apa yang dilakukan orang-orang dengan berkumpul pada keluarga mayit dan membuat makanan termasuk dari bid'ah yang mungkar, siapa yang mengingkarinya akan mendapatkan pahala. Semoga Alloh mengokohkan pondasi-pondasi agama yang menguatkan Islam dan kaum muslimin.

Al-'Allamah Ahmad bin Hajar di dalam Tuhfatul Muhtaj Li Syarhil Minhaj berkata:
"Disunnahkan bagi tetangga keluarga mayit untuk menyiapkan makanan yang dapat mengenyangkan mereka sehari semalam berdasarkan kabar yang telah shohih: "Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja'far karena mereka mendapatkan hal yang menyibukkan (musibah kematian-pent) ".

Dinukil dari kitab I'anatuth Tolibin Hasyiah 'ala Hilli Alfazhi Fathil Mu'in Li Syarhi Qurrotil 'Ain Bi Muhimmatid Din juz 2 halaman 145, oleh Abu Bakr Ibnu as-Sayyid Muhammad Syatho Ad-Dimyathi

Imam asy-Syafi'I berkata: "Saya menyukai bagi tetangga mayit atau kerabatnya menyiapakan makanan untuk keluarga mayit pada hari meninggalnya dan malamnya yang dapat mengenyangkan mereka, karena hal itu sunnah dan dzikir yang mulia dan termasuk perbuatan orang baik sebelum kita (para Sahabat dan Tabi'ut Tabi'in-pent) dan orang setelah kita, karena tatkala telah datang berita kematian Ja'far sedangkan Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Buatkanlah makanan bagi keluarga Ja'far karena telah datang kepada mereka perkara yang menyibukkan mereka (musibah kematian-pent)".

Lihat Al-Umm oleh Imam as-Syafi'I (lahir pada tahun 150 H dan wafat 204 H) juz 1 hal 278.


Bab ta'ziah (ungkapan sabar dan semisalnya kepada keluarga mayit) dan menangisi mayit 

Dan dianjurkan ta'ziah sebelum penguburan, dan setelahnya sampai batas tiga (3) hari, dan dibenci duduk-duduk padanya. Seorang muslim berta'ziah kepada saudaranya yang muslim: "Semoga Alloh memberikanmu pahala yang besar, memperbagus kesabaranmu, dan mengampuni si mayit. Dan dibolehkan menangisi mayit tanpa rasa penyesalan dan meratap. Dianjurkan juga bagi kerabat mayit dan tetangganya untuk menyiapkan makanan untuk keluarga mayit.

Lihat at-Tanbih Fil Fiqhisy Syafi'I juz 1 hal 41

Dan telah menjadi kesepakatan perkataan-perkataan Asy-Syafi'I di dalam kitab al-Umm dan Al-Mukhtashor wa Al-ash Hab bahwasanya dianjurkan bagi kerabat mayit dan tetangganya untk menyiapkan makanan bagi keluarga mayit yang dapat mengenyangkan mereka selama sehari semalam.
Asy-Syafi'I berkata di dalam kitab Al-Mukhtashor : "dan saya menyukai bagi kerabat mayit dan tetangganya untuk menyiapkan makanan untuk keluarga mayit sehari semalam agar dapat mengenyangkan mereka, karena hal itu adalah sunnah dan perbuatan orang-orang yang baik".

Lihat al-Majmu' oleh Imam an-Nawawi, juz 5 hal 282.

Dinukil dan diterjemahkan oleh Abu Abdillah Riza

2 komentar:

rama mengatakan...

assallamualaikum ustadz,bisa di terjemahkan ke bahasa indonesia ?

Abu Abdillah Riza Firmansyah mengatakan...

Wa'alaikumussalam warahmatulloh. insya Alloh ana usahakan.

Cari Artikel Hidayahsalaf