*BEDA ASY-SYU'ARA (PARA PENYAIR) DAN PEMUSIK*
*KETERANGAN SURAT*
Surat Asy-syu'ara surat ke 26 yang diturunkan di kota Mekkah, terdapat 227 ayat.
Dinamakan Asy-Syu'ara (kata jamak dari Asy Sya'ir yang berarti penyair) diambil dari kata Asy-Syuara yang terdapat pada ayat 224. Banyak nilai-nilai yang berharga dari bebagai kisah-kisah para Nabi yang umat mereka dipunahkan serta sebagian riwayat tiga hamba Allah yang dimuliakan Musa, Harun dan Ibrahim.
*PENGERTIAN SECARA BAHASA*
شُعراءُ: (اسم)
شُعراءُ : جمع شاعِر
Syu'ara (Para Penyair)
Syu'ara bentuk jamak dari Syair (Seorang Penyair)
[Kamus almaani online]
الشاعر عند أهل العربية من يتكلّم بالشعر أي الكلام الموزون، وعند المنطقيين من يتكلّم بالقياس الشعري.
Penyair atau pemuisi (bahasa Inggris: poet) adalah sebutan bagi pengarang syair; pengarang sajak; pujangga.¹
Padanan kata penyair adalah: bujangga, pujangga, penyajak, sastrawan, penulis.²
Syair adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik sajak.³ Padan kata syair adalah puisi, sajak, tembang. Bersyair bisa juga diartikan berdeklamasi.⁴
*TINGKATAN PARA PENYAIR ARAB*
1. Para Penyair Arab Jahiliah.
Seperti Imr al Qais, Tharfah, dan Zuhair
2. Mukhadhram.
Yaitu para penyair yang dulunya bersyair di masa Jahiliyah kemudian masuk Islam seperti Labid dan Hassan.
3. Mutaqaddimun.
Dinamakan juga Islamiyyum yaitu orang-orang yang berada di awal Islam seperti Jarir dan Farazdaq.
4. Muwallidun.
Yaitu generasi setelah Mutaqaddimun seperti Bassyar.
5. Muhadditsun.
Yaitu generasi setelah Muwallidun seperti Abu Tamam dan al Bahtari.
6.Mutaakhkhirun.
Yaitu generasi setelah Muhadditsun dari Para penyair negeri Yaman, Hijaz, dan Iraq.
Dari tingkatan Asysyu'ara ini dapat disimpulkan bahwa jenis Syair terbagi menjadi 2;
1. Syair dari Luar Islam
2. Syair Islam.
*AYAT YANG MENJELASKAN TENTANG ASY-SYU'ARA*
Asy-Syu'ara' 26:224
وَٱلشُّعَرَآءُ يَتَّبِعُهُمُ ٱلْغَاوُۥنَ
"Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat."
Ibnu Abbas mengatakan; "Mereka adalah orang-orang kafir yang mengikuti sesatnya Jin dan Manusia.
(Tafsir Ath-Thabari dan Ibnu Katsir)
Ibnu Zaid berkata; "Mereka adalah orang-orang sesat yang musyrik.
(Tafsir Ath-Thabari)
Mujahid berkata; " Mereka adalah Syetan-syetan.
(Tafsir Ath-Thabari)
Syaikh As-Sa'di berkata; "Mereka sesat dari jalan petunjuk mengambil jalan menyimpang dan buruk, di jiwa mereka menyimpang demikian pula para pengikutnya menjadi menyimpang, sesat dan rusak.
(Tafsir As Sa'di)
*MUSIK*
Pemusik, musikus atau musisi adalah orang yang memainkan alat musik seperti gitar atau piano atau orang yang menyanyi.
Seorang musikus juga seseorang yang menulis musik (Pencipta lagu/Penulis lagu), baik dirinya sendiri maupun diserahkan ke orang lain. Orang yang menulis musik disebut komponis. Biasanya bagian itu dihapus bila mereka juga memainkan atau menyanyikan musik yang ditulisnya, tetapi mereka tetaplah komponis karena mereka menulis musik.
(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pemusik)
pemusik /pe·mu·sik/ n pemain musik (spt pemetik gitar, penggesek biola, atau pemain piano)
(KBBI Online - https://typoonline.com/kbbi/pemusik)
*SEJARAH MUSIK*
Musik Abad Pertengahan (sekitar tahun 600-1600). Pada masa ini, terdapat dua jenis gaya musik yang umum, yakni monofonik dan polifonik. Adapun, bentuk utama musik, yaitu kidung Gregorian dan plainchant. Plainchant sendiri berarti bentuk musik gereja yang tak memiliki iringan instrumen dan hanya berisi kidung atau nyanyian. Untuk suatu periode, ini adalah satu-satunya jenis musik yang diizinkan di gereja-gereja Kristen.
(www.idntimes.com)
*MUSIK/PEMUSIK IDENTIK DENGAN IBADAH DI GEREJA*
Musik Ibadah
Musik ibadah atau dapat juga disebut musik gerejawi muncul pertama kali pada jaman abad pertengahan (375-1400) dengan bentuk musik monofoni yaitu musik Gregorian, musik vocal dengan satu suaratan pairingan.
Musik ibadah pada gereja Kristen Protestan mulai muncul pada musik vokal di Jerman dengan tokohnya yaitu Martin Luther yang juga tokoh besar reformasi agama Kristen Protestan. Prier (1991;68) menjelaskan bahwa salah satu reformasi gereja yang diperjuangkan oleh Luther adalah mengikutsertakan jemaat pada ibadat dengan bernyanyi bersama.
(Prier, Karl- Edmund, Sejarah Musik Jilid 2, Yogyakarta: 2010.
Lihat PERANAN PEMUSIK GEREJA DALAM MENGIRINGI NYANYIAN JEMAAT oleh
Frisilia Durikase -Mahasiswa Pendidikan Musik Gereja IAKN Manado-, Behreme Adyatmo Purba -Dosen Musik Gereja IAKN Manado-)
*KESIMPULAN:*
Asy-syu'ara berbeda makna dengan pemusik atau dalam bahasa Arabnya disebut Musiqa/Musiqiyyun.
Diantara Penyair ada yang Muslim dan ada yang kafir/ non muslim.
Adapun musik identik dengan ibadah orang Kristen di gereja.
Wallahu A'lam
🔎Ditulis/dikumpulkan oleh;
Ustadz Dr. Riza Firmansyah, M.Pdi
(Alumni Markaz Syaikh Ibnu Utsaimin KSA, Doktoral fakultas Hadits KM Internasional University, Dosen MISBA Tangerang)
___________footnote
1 Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, 2005, PT Balai Pustaka, Jakarta
2 (Inggris) Endarmoko, Eko. Tesaurus Bahasa Indonesia, 2006, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
3 Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, 2005, PT Balai Pustaka, Jakarta
4 Endarmoko, Eko. Tesaurus Bahasa Indonesia, 2006, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
####
Rujukan;
Al Qur'an Al Karim
ص55 - كتاب خلاصة الأثر في أعيان القرن الحادي عشر - الجزء - المكتبة الشاملة". المكتبة الشاملة. مؤرشف من الأصل في 2020-12-24. اطلع عليه بتاريخ 2020-12-24.
طانيوس (1 يناير 2011). من رماد النسيان / الأشهب بن رميلة. Al-rihab Publisher Est. مؤرشف من الأصل في 2020-12-24.
محمد عبد الله المري، الأمثال الشعبية في البيئة القطرية، ص 160 نسخة محفوظة 2020-12-24 في Wayback Machine
"المعنى في بطن الشاعر!". www.al-jazirah.com. مؤرشف من الأصل في 2020-12-24. اطلع عليه بتاريخ 2020-12-24.
في
(الشّاعر - معاني وشروح وتحليلات لسان.نت- Lisaan.net". lisaan.net (بالإنجليزية الأمريكية). Archived from the original on 2018-09-12. Retrieved 2017-03-23.)
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pemusik
https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/sejarah-perkembangan-musik-dunia
#asysyuara #hukummusik #artikelislam #tafsir #hukum #sunnah #quran
0 komentar:
Posting Komentar