yufid.com

Senin, 17 November 2014

BBM naik

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 16.56 No comments
BBM NAIK

Kenaikan harga BBM, kekurangan pangan, wabah penyakit, kegundahan, ketakutan dan semisalnya bisa jadi disebabkan maksiat yang sudah merata.

مَّا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولاً وَكَفَى بِاللّهِ شَهِيداً

Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS. an-Nisa`: 79)

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله ( فالغلاء بارتفاع الأسعار، والرخص بانخفاضها هما من جملة الحوادث التي لا خالق لها إلا الله وحده، ولا يكون شيء منها إلا بمشيئته وقدرته، لكن هو سبحانه قد جعل بعض أفعال العباد سبباً في بعض الحوادث، كما جعل قتل القاتل سبباً في موت المقتول، وجعل ارتفاع الأسعار قد يكون بسبب ظلم العباد، وانخفاضها قد يكون بسبب إحسان بعض الناس ) مجموع الفتاوى، الجزء الثامن، صفحة 519.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahulloh berkata: “Melambungnya harga-harga ataupun menurunnya merupakan kejadian-kejadian yang tidak diciptakan melainkan dengan kehendak Alloh semata. Tidaklah sesuatu akan terjadi melainkan dengan kehendak dan takdir Alloh. Akan tetapi Alloh Subhanahu wa Ta’ala menjadikan sebagian perbuatan-perbuatan para hamba merupakan sebab dari sebagian kejadian-kejadian. Sebagaimana tindakan orang yang membunuh merupakan sebab meninggalnya orang yang dibunuh. Dia menjadikan juga melambungnya harga-harga boleh jadi dengan sebab kezhaliman para Hamba, demikian pula menurunnya harga disebabkan dengan kebaikan sebagian orang”.
[Majmu’ Al Fatawa juz 8 hal. 519]

وقد قيل لبعض السلف: ارتفعت الأسعار، فقال: أنزلوها بالاستغفار
Dikatakan kepada sebagian Salaf: “harga-harga telah melambung, maka ia mengatakan; ‘turunkanlah ia (harga tersebut) dengan istighfar”. ahram.org.eg/


Ust. Abu Abdillah Riza [http://hidayahsalaf.blogspot.com/]

0 komentar:

Cari Artikel Hidayahsalaf