yufid.com

Kamis, 20 Desember 2012

Menceraikan Istri Harus Ada Saksi?

Posted by Abu Abdillah Riza Firmansyah On 02.03 No comments
Apakah Menceraikan Istri Harus Ada Saksi?

Ditulis oleh Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Hafizhahullah
Syaikh Al-Imam Al-Albani rahimahullah ditanya dengan pertanyaan berikut:
“Pertanyaan yang berhubungan dengan masalah perceraian, apakah mendatangkan saksi merupak an syarat sah-nya talak ?
Beliau m
enjawab:
“Iya, sebab disana ada kaedah para ulama bahwa talak bid’ah itu diharamkan. Lalu mereka berselisih, apakah talak bid’ah itu jatuh jika seseorang mengucapkannya? Apakah talak jatuh atau tidak? Ada dua pendapat dikalangan para ulama:
diantara mereka ada yang berkata: jatuh, adapula yang berkata tidak. Dan ini hukum asalnya, bahawa talak bid’ah tidak jatuh berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:
(من أحدث في أمرِنا هذا ما ليسَ منه فهو رد)
“Barangsiapa yang mengada-ada dalam urusan kami yang tidak berasal darinya maka hal itu tertolak.”
Yaitu tertolak atas pelakunya. Jika kita telah mengetahui kaedah ini, dan kita mengingat hadits Imran bin Hushain yang terdapat dalam sunan Abu Dawud bahwa yang sunnah dalam perceraian adalah mendatangkan saksi, jika demikian maka berarti talak yang tanpa disertai saksi adalah talak yang bid’ah. Ditambah lagi bahwa seorang yang berakal tidaklah ragu bahwa kedudukan talak dalam pernikahan ibaratnya seperti merobohkan sebuah bangunan, seseorang membangun sebuah rumah lalu merobohkannya. Dia membangun sebuah rumah dan mengeluarkan harta yang banyak serta waktu yang lama dan berbagai beban lainnya, lalu disaat dia hendak merobohkannya, maka dia merobohkan dalam sekejap disiang hari?. Merobohkan lebih berat daripada membangun, sebab akan menyebabkan seseorang kehilangan apa yang telah menjadi usahanya yang sangat banyak sekali.
Pernikahan adalah membangun sebuah keluarga, ketika seorang muslim menikah, sesungguhnya dia telah meletakkan pondasi untuk sebuah keluarga muslimah, dan kita semua mengetahui sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam :
( لا نكاح إلا بولي وشاهِدَيْ عدل )
“Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali dan dua saksi”.
Pernikahan apa saja yang tidak terdapat saksi yang adil maka tidak dianggap sebagai pernikahan yang syar’i, dan itu membangun. Maka menceraikan seperti yang kita sebutkan lebih berbahaya dari menikah, dia seperti merobohkan bangunan. Secara akal, dan pandangan yang sehat menguatkan disyaratkannya persaksian dalam pernikahan. Maksudnya bahwa seseorang yang menetapkan dan bertekad kuat seperti yang difirmankan Allah Azza Wajalla:
( وَإِنْ عَزَمُوا الطَّلاقَ فَإِنَّ اللهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ )
“Jika mereka bertekad untuk bercerai maka sesungguhnya Allah Maha mendengar dan Maha Mengetahui.”
Dia bertekad untuk bercerai, namun perceraian tersebut telah ditetapkan oleh syari’at yang bijaksana ini beberapa sayarat, dan syarat-syarat tersebut pada hakekatnya seperti batu sandungan untuk mencegah terjadinya perceraian. Sebab perceraian –sebagaimana yang kita sebutkan- akan berdampak robohnya bangunan keluarga setelahnya, maka ditetapkanlah bahwa yang sunnah adalah mendatangkan saksi. Seakan-akan syari’at mengatakan kepada yang hendak bercerai: jika engkau bertekad untuk bercerai dan engkau ingin mewujudkannya, maka datangkanlah dua saksi, sebagaimana jika engkau hendak menikah maka ambillah wali dan datangkanlah saksi.Jika tidak maka tidak ada pernikahan bagimu.
Inlah jawaban dari pertanyaan tersebut.
Sumber:
Berikut transkrip dalam bahasa Arab:
نعم، لأنه هناك قاعدة للعلماء أن الطلاق البدعي محرّم، ثم اختلفوا هل الطلاق البدعي يقع فيما إذا أوقعه الرجل هل ينفذ أو لا ينفذ؟
قولان للعلماء:
منهم من يقول: ينفذ.
ومنهم من يقول: لا ينفذ.
وهذا هو الأصل، أن الطلاق البدعي لا يقع لقوله عليهِ الصلاةُ والسلام: (من أحدث في أمرِنا هذا ما ليسَ منه فهو رد) أي: مردود على صاحبه، فإذا عرفنا هذه القاعدة، وتذكرنا حديث عمران بن حصين في سنن أبي داود أن السُّنّـة في الطلاق الإشهاد، حينئذ يكون الطلاق بغير إشهاد طلاقا بدعيا، يضاف إلى هذا أنه لا يرتاب عاقل في أن الطلاق بالنسبة للنكاح هو كالهدِم بالنسبة للبناء، فإنسان يبني دارا ثم يهدمها، يبني دارا ينفق عليها أموال طائلة وأوقات عديدة وو تكاليف ثم ما إذا أراد هدمها، هدمها بساعة من نهار، الهدِم أصعب من البناء، لأنه يضيع على الإنسان جهود كثيرة وكثيرة جداً، النِكاح هو بناء لأسرة حينما يتزوج المسلم فإنما يضع الأساس لإقامة أسرة مسلمة، وكلنا يعلم قول الرسول -صلى الله عليه وعلى آله وسلم-: ( لا نكاح إلا بولي وشاهِدَيْ عدل ) فأي نكاح لم يتحقق فيه الشهود العدول فلا يعتبر نكاحاً شرعياً، وهو بناء، فالطلاق الذي قلنا إنه أخطر من هذا النكاح فهو كالهدم بالنسبة للبناء، العقل والنظر السليم يؤيد أن يشترط فيه الإشهاد، ومعنى ذلك أن إنساناً ما قرر وعزم كما قال -عزّ وجلّ-: ( وَإِنْ عَزَمُوا الطَّلاقَ فَإِنَّ اللهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ) [2]، عزم على الطلاق، ولكن هذا الطلاق وضع له الشارع الحكيم شروطاً وهذه الشروط هي في الواقع كالعرقلة لمنع وقوع هذا الطلاق، لأن الطلاق -كما قلنا- يترتب من وراءه هدم الأسرة، فقال أن السُّنّـة الإشهاد، فكأن الشارع الحكيم يقول للمطلق: لو عزمت على الطلاق وأردت تنفيذه فأتي بشاهدين، كما إذا أردت أن تنكح فخذ [..] الولي وأتي بشاهدين، وإلا فلا نكاح لك، هذا هو جواب ذاك السؤال.
السائل: جزاك اللهُ خير.
http://biladillah.wordpress.com

0 komentar:

Cari Artikel Hidayahsalaf